Ada beragam Jenis Jenis Surat, yang jelas Berlandaskan kriteria tersendiri. Boleh jadi di pikiran teman jenis surat ya yang dikasih amplop kemudian dikirim via J&T. Yang jelas jenis surat bukan Cuma tersebut.

Nah untuk menambah penjelasan terkait Surat, pada waktu ini Kami akan berusaha menjabarkan tentang Jenis Jenis Surat dengan komplit tentunya.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, ada beraneka bentuk jenis surat yang biasa beredar di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal beragam jenis surat. Surat-surat tersebut dapat dibedakan berdasarkan hal-hal berikut.

Jangan Lupa: Aneka Hal yang Perlu Dirimu Tahu Terkait jenis-jenis surat

A. Berlandaskan Wujud Surat

1. Kartu Pos

Kartu pos adalah surat terbuka yang dibuat dari kertas dengan skala 10 x 15 cm. Cetakan kertas surat ini umumnya tebal, sehingga mirip kartu. Kegunaan surat ini untuk membawa informasi yang ringkas.

Akan tetapi amanat yang tercantum sanggup diketahui oleh orang lain yang ngak punya hak sebab terletak di halaman terbuka. Jenis surat ini umumnya terdapat di kantor pos.

2. Warkat Pos

Warkat pos adalah surat tertutup yang dibuat dari secarik kertas. Surat kayak ini boleh dilipat menjadi amplop. Olehnya itu, lembaran surat ini sanggup dipakai juga sebagai amplop.

Fungsi surat macam ini ialah untuk meneruskan informasi yang lumayan banyak pada selembar kertas. Lembaran surat jenis ini biasanya dijual di kantor pos.

Read More: Yuk Mari baca artikel di tautan ini, in syaa Allah termaktub insight yang mudah2an menarik berhubungan dengan jenis-jenis surat

3. Telegram

Telegram adalah jenis surat yang mengandung amanat yang lumayan singkat yang biasanya dikirim dengan bantuan pesawat telegram. Surat ini akan tiba ke alamat dengan masa yang cepat.

4. Surat Bersampul

Surat bersampul adalah surat yang dibawa kepada orang lain dengan memanfaatkan sampul surat. Surat jenis ini lah yang sering kita gunakan dalam berkomunikasi.

Kelebihan surat ini dibanding bentuk surat yang lain adalah lebih terjamin keprivasian isinya dan lebih nyaman ketika menulis isi surat dan lebih sopan dalam surat menyurat.

Ngomong-Ngomong, apa dirimu pernah dapat info tentang contoh surat lamaran kerja? Sekiranya belum pernah, kami harap klik link tersebut ya hoho. Kamu tentu saja akan “pergi” ke laman terkait. Di halaman itu Anda akan mendapatkan penjelasan yang mudah-mudahan bermanfaat. Selanjutnya jangan sekali-kali lupa share ke teman-teman kamu ya supaya semakin banyak yang menerima penjelasan tersebut. Thank you hoho.

B. Sesuai Pembuatan Surat

1. Surat Pribadi

Jenis surat ini ditulis dengan nama individu seseorang juga mengandung masalah individu penulis, baik yang ditujukan kepada sahabat, kerabat maupun lembaga khusus. Contoh surat ini diantaranya surat untuk kerabat, surat pengalaman kerja, dan surat permohonan izin bangunan.

2. Surat Resmi

Surat resmi dicetak sebuah instansi khusus yang ditujukan untuk pribadi atau lembaga khusus lainnya.

Kehadiran perusahaan itu ditetapkan menurut hukum. Contoh surat resmi ialah surat dinas, surat niaga, dan surat sosial.

Jangan Skip Nih: Kunjungi Juga: Visit: RagamInformasi Menarik Seputar jenis-jenis surat

C. Berlandaskan Pesan Surat

1. Surat Keluarga

Surat keluarga adalah surat yang mengandung persoalan kekeluargaan. Contoh surat keluarga ialah surat kepada orang tua, kaka, dan teman.

2. Surat semi Resmi

Surat setengah resmi merupakan surat yang diantarkan oleh seseorang untuk lembaga khusus. Jenis surat ini misalnya surat pengalaman kerja, permohonan IMB dan surat permintaan izin kerja.

3. Surat Sosial

Surat sosial merupakan surat yang dibuat oleh badan sosial untuk individu, forum, atau instansi tertentu yang biasanya mencakup berbagai persoalan sosial. Contohnya, surat permohonan dana dan edaran untuk kerja bakti.

4. Surat Niaga

Surat niaga ialah surat yang dikirim oleh suatu instuti perniagaan dengan amanat berniaga. Contoh jenis surat ini diantaranya surat penawaran harga, atau pesanan barang.

5. Surat Dinas

Surat ini berisikan masalah kepemerintahan dari suatu keorganisasian. Surat ini biasanya diperuntukkan kepada instansi lain, perorangan dan instuti tertentu. Contohnya, surat keputusan dan lainnya.

Baca Lebih Lanjut: Marilah baca post di tautan ini, bakal terdapat informasi yang in syaa Allah menarik terkait jenis-jenis surat

6. Surat Pengantar

Surat ini diperuntukkan untuk perorangan atau instansi sebagai referensi seseorang untuk berkolerasi dengan kelompok penyambut surat.

D. Berlandaskan Keselamatan Amanat Surat

1. Surat Sangat Tertutup

Surat ini mengandung memo salinan penting yang bersinggungan dengan privasi sebuah organisasi.

Jenis surat ini dibuat dengan memanfaatkan tiga jenis kemasan. Pada sampul awal dituliskan kode SR yang merupakan ringkasan dari “Sangat Rahasia”.

Di sampul selanjutnya dituliskan tanda SRS, yaitu singkatan dari “Sangat Rahasia Sekali” dan dibubuhi lak untuk menunjukkan kelengkapan memo surat. Di sampul terakhir dibuat umum supaya tak mengundang prasangka pihak lain.

Surat jenis ini, contohnya surat dari perwakilan luar negeri, surat kepada negara-negara sekutu, dan surat arsip kepolisian.

2. Surat Rahasia

Jenis surat ini mengandung arsip kecil-kecil yang keterangannya hanya layak diketahui oleh beberapa pejabat khusus atau yang berwenang di sebuah perusahaan. Pengiriman surat ini memakai dua jenis sampul.

Sampul pertama dituliskan tanda R atau RS yakni singkatan dari “Rahasia” atau “Rahasia Sekali” dan disegel, sementara sampul kedua tidak dikasih kode apa pun. Surat jenis ini contohnya surat terkait konduite pemerintah dan surat arsip suatu instansi.

Read More: Yuk Mari pelajari penjelasan di tautan ini, in syaa Allah termaktub informasi yang mudah-mudahan bagus berhubungan dengan jenis-jenis surat

3. Surat Konfidensial

Surat yang isinya hanya layak dilihat oleh beberapa pengusaha tertentu karena amanatnya memerlukan respon kebijakan dari sejumlah pejabat tersebut. contohnya surat keputusan rapat pimpinan dan saran promosi seseorang.

4. Surat Biasa

Surat biasa merupakan surat yang isinya bisa dibaca oleh pihak lain tanpa mengakibatkan mudhorat untuk pihak mana pun. Umpamanya, surat edaran dan surat undangan.

E. Berdasarkan Pengertian Umum

1. Surat Terbuka

Surat terbuka adalah surat yang ditujukan untuk pihak lain, baik perorangan ataupun kumpulan yang kadangkala dimuat di sarana umum atau diedarkan secara terbuka.

2. Surat Tertutup

Surat tertutup ialah surat yang gaya pengirimannya diberi amplop sebab pesannya tidak patut dibaca oleh orang lain.

3. Surat Kaleng

Surat kaleng merupakan surat yang pengirimannya ngak mencantumkan nama dan asal pengirim dengan terang.

Penulis surat ini tidak bertanggung jawab dari isi surat. Tapi untuk beberapa persoalan harus juga disimak oleh penerima surat amanat pada surat tersebut.

Semoga penjelasan ini terkait macam-macam surat dapat bermanfaat bagi teman semua. Dan apabla sobat melihat kekhilafan, baik dari segi penulisan ataupun penjelasan, harap kritik yang membangun untuk perkembangan pendidikan Indonesia. Terima kasih