Kerap kita mendapatkan berbagai tips di tempat kerja yang kesannya enak dan menarik. Akan tetapi ngak jarang realit yang dihadapi berbeda dari hal yang dikatakan oleh rahasia tersebut. Makanya disini, kita ingin mengingatkan Anda hakikat dunia kerja yang berdasarkan dari pengalaman orang-orang yang telah dari dulu bergerak dalam tempat kerja.

1. Tatkala Mimpi Bertemu Dengan hakikat

Kita seluruhnya jelas punya cita-cita. Apalagi mahasiswa yang baru sukses hadir di dunia kerja membawa seribu cita-cita dan ambisi yang tinggi buat mewujudkannya. Let me tell you, bila di dunia kerja itu, meraih cita boleh-boleh saja, bahkan bagus tapi Anda kudu mulai dari awal.

Jangan serentak mengharapkan untuk tiba di posisi tertinggi, kalau menapak tangga bawah saja Anda ngak bisa. Sepintar apapun Anda, tentu perlu memulai dari pertama. Melainkan, jika Anda keluarganya yang memiliki pabrik.

2. Yakin Dengan Diri Sendiri Ketimbang Berharap Sama Individu Lain

Selain supaya Anda makin optmis, Anda jua tak perlu mudah yakin sama individu lain. Karena di lingkungan kerja, apapun mampu terjadi. Mungkin Anda yang baru selesai, masih merasakan serunya persahabatan masa SMA atau kuliah, namun semuanya itu sangat tidak sama dengan yang berlangsung di dunia kerja. Namun tak berarti teman kerjamu jahat-jahat loh ya. Melakukan kebaikan itu harus kepada siapa pun, akan tetapi tak perlu terlalu berlebihan, itu aja.

3. Jangan Sungkan Mendekati petner Kerja Yang lebih Senior

Tidak kerja namanya jika tiap harinya tidak ada proyek yang wajib dikerjakan saat itu pula. Biasanya memang proyek harian Anda ini telah ditentukan, semisal dalam satu hari Anda wajib memperbaiki banyak hal.

Kadang kala Anda pula masih mesti bertemu tugas tambahan yang bila dibayangkan saja memang terasa merepotkan dan pusing rasanya. Akan tetapi di balik semua tugas deadline tugas yang wajib Anda selesaikan ini, setidaknya di setiap hari pula Anda selalu punya peluang untuk mengobrol bersama orang-orang yang asyik dan lucu.

Banyak mitra kerja yang dapat diajak bercerita entah pengalaman, kemampuan, bahkan cerita hidup hingga candaan yang murni tanpa ada maksud ´┐Żnyari muka di depan´┐Ż. Malahan ada juga drama di luar sana, dari teman kerja, malah jadi teman masa depan alias pasangan suami istri.

4. Tak Perlu Baper dengan Isu-isu Tidak Baik

Well, di lingkungan kerja Anda tak tau siapa yang sungguh-sunggguh menjadi teman atau yang menjadi lawan. Karena kalau sudah berurusan dengan uang, semuanya mampu saja berubah. Sehingga Anda wajib mawas diri sama isu-isu negatif yang mungkin saja Anda dengar karena orang lain menganggap Anda itu serakah. Seyogyanya sih, Anda bekerja aja yang bener, gak usah nimbrung sibuk urusin tetangga karena tidak ada faedahnya.

5. Proyek Anda Bukanlah Satu-satunya

Meskipun Anda suka dengan tugas, tapi jangan lengah jika Anda punya kehidupan sendiri pula. Jangan lupa untuk senang-senang. Bila pun rasa senang anda dengan bekerja, ingatlah untuk jadi kenyamanan bagi individu lain apalagi keluaraga. Luangkan waktu anda demi mendatangi ibu-bapak atau berkumpul bareng dengan teman akan menjadi kesenagan bagi mereka.

6. Posisi Anda Mampu Saja Digusur

Di dunia kerja, ada kenyataan yang terasa tidak menyenangkan dan pasti menggusarkan bagi semua individu. Hakikat tersebut ialah Anda mampu dengan mudah digantikan oleh orang lain. Apa yang Anda lakukan dapat saja dikerjakan dengan gampang oleh orang lain. Saat apa yang Anda kerjakan tidak lagi berkualitas, jabatan Anda bisa dengan mudah digantikan oleh orang lain.

7. Selesaikan Hanya Yang Anda Mampu

Peringatan seperti ini pula diperhatikan di dunia kerja. Ketika bekerja tentunya Anda telah mengetahui apa tugas yang semestinya Anda selesaikan dan mana proyek yang bukan merupakan bagian Anda. Tidak usah sampai Anda jua harus mengerjakan tugas yang sebetulnya Anda jua tak paham dan bukan di dalam jangkauan Anda.

8. Penghasilan Turun Dari Langit

Pencapaian dalam hal ini tidak saja terkait persoalan materi berupa uang. Rezeki dalam hal ini bisa jua berarti promosi Anda oleh lembaga, agar jabatan tambah apik lagi. Seluruh nya sejalan dengan prestasi Anda dalam mengerjakan tugas. Apabila Anda selalu berprestasi, niscaya perusahaan akan memberikan peluang kepada Anda untuk makin meningkatnya karir dan jua nama Anda di perusahaan itu. Karir yang melonjak tentunya akan berdampak jua pada situasi keuangan Anda.

9. Menjaga privasi Instansi Itu Wajib

Sebagai karyawan, Anda mesti menumbuhkan sifat professional dalam diri Anda. Sadarilah apa yang merupakan kelebihan dan kelemahan dalam lembaga tempat Anda bekerja. Apabila kedepannya, mesti keluar dari perusahaan untuk mencari nafkah di perusahaan berbeda, seharusnya ngak usah mencemoh perusahaan lama Anda.

Baik dari sisi gaji, fasilitas dan pula tata tertib kerja. Sampaikan hal yang terbaik yang terdapat di perusahaan lokasi Anda bekerja kepada orang banyak, kali aja diantara orang yang Anda kabarkan tersebut ada yang bisa sesuai untuk bekerja dan loyal kepada perusahaan tersebut dibandingkan Anda. Tunjukkan peluang kepada orang lain dengan nilai baik

Demikianlah beberapa perkara yang harus Anda ketahui berhubungan dengan dunia kerja biar Anda tak tercengang dengan suasana tempat kerja yang mungkin agak tidak sama dengan ambisi. Bagaimana pekerjaan yang Anda tekuni, Anda harus tetap menunjukkan sifat profesional sebagai tanda bahwa anda merupakan pribadi yang bijaksana.