Kerap kita mendengar banyak tips di dunia kerja yang penilainnya enak dan asyik. Akan tetapi tak sedikit kenyataan yang dijumpai tidak sama dari hal yang dikatakan oleh tips tersebut. Sehingga disini, kita akan kasih tau Anda fakta dunia kerja yang bersumber dari kisah mereka yang sudah lama berkiprah di dunia kerja.

1. Ketika Mimpi Bertemu Dengan Fakta

Kita seluruhnya jelas memiliki mimpi. Terlebih mahasiswa yang baru lulus diterima di dunia kerja dengan sejumlah mimpi dan keinginan yang besar buat merealisasikannya. Let me tell you, bila di lingkungan kerja itu, merengkuh mimpi boleh-boleh saja, bahkan luar biasa tapi Anda wajib mulai dari awal.

Jangan serentak menghayalkan bakal tiba di level puncak, jika menginjak tangga bawah aja Anda belum dapat. Sehebat apapun Anda, tentu wajib memulai dari bawah. Kecuali, kalau Anda keturunannya yang punya pabrik.

2. Percaya Sama Diri Sendiri Ketimbang Berharap Terhadap Individu Lain

Selain biar Anda makin pede, Anda jua tak perlu mudah percaya sama individu lain. Karena dalam dunia kerja, apapun bisa berlangsung. Mungkin Anda yang baru selesai, masih menikmati nikmatnya persahabatan masa SMA atau kuliah, namun semuanya itu sungguh tidak sama dengan yang terjadi di dunia kerja. Tapi tak berarti teman kerjamu jahat-jahat loh ya. Berbuat baik itu wajib kepada siapa pun, namun jangan terlalu baik, itu aja.

3. Tak perlu Ragu Bersahabat teman Kerja Yang lebih Berpengalaman

Tak kerja namanya kalau setiap harinya ngak ada proyek yang mesti dikerjakan ketika itu pula. Biasanya memang tugas harian Anda ini telah ditentukan, semisal dalam sehari Anda wajib mengedit beberapa naskah.

Terkadang Anda pula masih mesti bertemu proyek tambahan yang kalau dibayangkan saja memang terasa rumit dan pusing rasanya. Akan tetapi di balik segala tugas deadline pekerjaan yang harus Anda selesaikan ini, paling tidak di setiap hari juga Anda selalu punya kesempatan untuk bertemu bersama orang-orang yang menarik dan lucu.

Banyak petner kerja yang dapat diajak mengobrol entah pengalaman, keahlian, bahkan cerita hidup hingga senda gurau yang murni tanpa ada maksud ´┐Żnyari muka di depan´┐Ż. Malahan ada juga drama di luar sana, dari mitra kerja, malah jadi mitra masa depan alias pasangan suami istri.

4. Tak Perlu Baper Sama Desas-desus Negatif

Well, di tempat kerja Anda tak tau siapa yang sungguh-sunggguh menjadi kawan atau yang menjadi lawan. Sebab kalau telah berurusan dengan duit, seluruhnya dapat aja berubah. Makanya Anda mesti mawas diri sama bisikan-bisikan negatif yang mungkin saja Anda dengar sebab individu lain menyangka Anda itu pengumpak. Semestinya sih, Anda bertugas aja yang bener, tak usah turut sibuk urusin tetangga sebab tak ada gunanya.

5. Proyek Anda Bukanlah Satu-satunya

Sekalipun Anda nyaman dengan tugas, namun jangan lupa jika Anda punya keperluan sendiri jua. Jangan lupa untuk bahagia. Jika pun bahagia anda dengan bertugas, jangan lupa untuk jadi hiburan bagi individu lain terlebih istri anak. Sisihkan waktu anda demi mengunjungi ibu-bapak atau bercengkrama bareng dengan teman akan menumbuhkan kebahagiaan bagi mereka.

6. Posisi Anda Dapat Saja Digantikan

Dalam dunia kerja, ada fakta yang terasa tak menyenangkan dan tentu menggusarkan bagi semua individu. Fakta itu adalah Anda mampu dengan mudah digantikan oleh orang lain. Apa yang Anda lakukan dapat saja diselesaikan dengan cepat oleh individu lain. Saat apa yang Anda buat tidak lagi berkualitas, jabatan Anda dapat dengan cepat ditempati oleh individu lain.

7. Selesaikan Sebatas Yang Anda Bisa

Peringatan semisal ini pula diperhatikan di dunia kerja. Ketika bekerja niscaya Anda telah mengerti apa proyek yang semestinya Anda kerjakan dan apa proyek yang bukan merupakan tugas Anda. Jangan sampai Anda pula harus mengerjakan tugas yang sebetulnya Anda jua tak mengerti dan bukan di dalam keahlian Anda.

8. Penghasilan Datang Dari Langit

Rezeki dalam hal ini tidak saja tentang persoalan materi seperti duit. Rezeki dalam perkara ini dapat jua berarti promosi Anda oleh perusahaan, agar jabatan tambah baik lagi. Segala nya sesuai dengan prestasi Anda dalam bekerja. Bila Anda terus berprestasi, tentu perusahaan akan menyodorkan kesempatan kepada Anda untuk bertambah berkembangnya karir dan jua reputasi Anda di perusahaan itu. Karir yang meningkat pastinya akan berpengaruh pula pada kondisi finansial Anda.

9. Menjaga Rahasia Lembaga Itu Wajib

Sebagai pekerja, Anda mesti memiliki sifat professional pada diri Anda. Ketahuilah apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam instansi tempat Anda bekerja. Jika kedepannya, mesti resign dari perusahaan untuk bekerja di perusahaan berbeda, sebaiknya ngak usah menghina perusahaan terdahulu Anda.

Baik dari sisi gaji, fasilitas dan pula sistem kerja. Sampaikan hal yang positif yang dimiliki perusahaan tempat Anda mencari nafkah kepada individu luar, kali aja diantara individu yang Anda ceritakan itu ada yang sangat sesuai untuk bekerja dan loyal terhadap perusahaan tersebut daripada Anda. Tunjukkan peluang kepada individu lain dengan pandangan baik

Itulah beberapa perkara yang harus Anda pahami terkait dengan lingkungan kerja supaya Anda tidak terperangah dengan kondisi dunia kerja yang mungkin sedikit tak sama dengan harapan. Apapun tugas yang Anda lalui, Anda harus tetap menunjukkan sifat ahli sebagai jaminan bila anda merupakan pribadi yang profesional.