Secara awam bisa kita pahami kalau  pertanian merupakan suatu aktivitas manusia yang berhubungan dengan tanaman pangan dan holtikultura, perikanan, dan peternakan.

Dalam sejarah Indonesia sejak zaman kolonial hingga sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, sebab sektor sektor ini mempunyai arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan bermacam-macam realitas ekonomi dan sosial masyarakat di beragam wilayah Indonesia.

Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Indonesia yakni sebagai perkebunan dan petani, sehingga sektor ini sangat penting untuk dimaksimalkan sehingga bisa memberikan manfaat untuk negara kita.

Berikut ini merupakan beberapa hasil pertanian dan perkebunan di Indonesia yang potensial untuk dijadikan menjadi usaha:

Agave

Agave adalah tanaman hias yang mempunyai daun yang berwarna hijau muda berpadu dengan alur menyerupai pita yang bersisik. Tumbuhan ini ditemukan pada sekitar abad 20. Agave dipakai sebagai bahan dasar dalam membuat tali. Pabrik tali agave terdapat di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Avokad

Avokad (Persea Americana) merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kehidupan manusia. Kandungan gizi dalam buah avokad yaitu 23 mg kalsium, 95 mg fosfor, 1,4 mg zat besi, 1,3 mg potasium, 9 mg sodium, 8,6 mg niacin, 660 I.U. vitamin A, 82 mg vitamin C. Daerah penghasil avokad paling banyak terdapat di wilayah Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat.

 Bawang putih dan bawang merah

Bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu tanaman sayuran yang menjadi menu wajib hampir pada semua tipe masakan dengan manfaat sebagai penyedap masakan dan memberikan serat untuk tubuh manusia. Tempat penyuplay bawang banyak terdapat di daerah Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Beras atau Gabah

Beras berasal dari tanaman padi.Padi merupakan sumber bahan makanan pokok rakyat Indonesia, jadi bahan makanan ini mempunyai andil yang amat besar untuk kelangsungan hidup masyarakat Indoensia. Tempat penghasil beras hampir merata di semua wilayah Indoensia, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatera.

 Kacang Buncis (Phaseolus Vulgaris L.)

Phaseolus Vulgaris L. atau Kacang Buncis berasal dari Amerika, sedangkan kacang buncis jenis tegak (kidney bean) atau kacang jogo merupakan tanaman asli jurang Tahuacan-Meksiko. Penyebarluasan tanaman buncis dari Amerika ke Eropa terjadi semenjak abad 16. Daerah sentra penyebaran dimulai di Inggris (1594), berkembang ke negara-negara Eropa, Afrika, hingga ke Indonesia. Proses pelestarian tumbuhan buncis di Indonesia telah meluas ke berbagai daerah. Tahun 1961-1967 luas wilayah penanaman buncis di Indonesia sekitar 3.200 hektare, tahun 1969-1970 seluas 20.000 hektare dan tahun 1991 mencapai 79.254 hektare dengan produksi 168.829 ton.

Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah purbakala yang telah diketahui dan diaplikasikan ribuan tahun sebelum masehi. Tanaman cengekeh merupakan tanaman yang berasal dari daerah Maluku (Ternate dan Tidore), yang dulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands. Menanam pohon cengkeh ketika  si kecil dilahirkan ialah budaya penduduk asli Maluku. Secara psikis ada pertalian antarapertumbuhan pohon cengkeh dengan buah hati sehingga pohon cengkeh benar-benar dijaga dan dirawat oleh masyarakat Maluku. Pada abad pertengahan (sekitar 1600 Masehi), cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling popular dan mahal di Negara Eropa, bahkan lebih dari harga emas.

 Coklat

Cokelat berasal dari Amazon atau Orinoco, Amerika Selatan kurang-lebih 4000 tahun yang lalu.Tempat penghasil cokelat terbanyak berada di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Papua, NTT, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan DI.Yogyakarta. Tempat penghasil coklat yang utama yakni Salatiga (Jawa Tengah).Cokelat banyak digunakan untuk bahan makanan dan minuman.

Duren/Durian

Durian (Bombaceae sp.) merupakan buah-buahan berupa pohon. Sebutan duren diduga bermula dari budaya Melayu yaitu dari kata duri yang dikasih akhiran sehingga menjadi durian. Kata ini secara khusus digunakan untuk menyebut buah-buahan yang kulitnya lancip menyerupai duri. Buah durian berasal dari hutan Sumatra,Kalimantan, dan Malaysia yang dulunya merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah Barat yakni ke Birma, Thailand, India dan Pakistan. Buah durian telah diketahui di Asia Tenggara semenjak abad 7 Masehi

:

Jagung

Banyak teori dan pendapat  mengenai asal-muasal tanaman jagung, tapi secara umum para pakar setuju bahwa jagung berasal dari Amerika Selatan atau Amerika Tengah. Secara historis, Jagung berhubungan erat dengan suku Indian, yang telah mewujudkan jagung sebagai bahan makanan sejak 10.000 tahun yang lalu.

Kacang mede

Kacang mede berasal dari biji jambu mete (Anacardium Occidentale L). Jambu mete yaitu tanamnan buah berupa pohon yang berasal dari Brasil Tenggara. Tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India 425 tahun yang lalu, kemudian menyebar ke daerah tropis dan subtropis lainnya seperti Bahana, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Kacang Tanah

Diperkirakan Kacang tanah yang ada di Indonesia berasal dari benua Amerika. Awal Masuk ke Indonesia diprediksi dibawa oleh pedagang asal Spanyol, sewaktu melakukan pelayarannya dari Mexico ke Maluku setelah tahun 1597. Tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris, dan pada tahun 1864 Scheffer membawa pula Kacang Tanah dari daerah Mesir. Kulit Kacang tanah bisa digunakan untuk makanan ternak, sedangkan isi atau bijinya bisa dimanfaatkan untuk dimakan sebaai sumber protein nabati , minyak dan lain-lain.

Kedelai

Kedelai (Glycine Max) sudah dikembangkan semenjak 1500 tahun SM dan diprediksi baru masuk Indonesia, khususnya di provinsi Jawa sekitar tahun 1750. Kedelai berguna sebagai zat pembangun untuk tubuh, mengurangi gejala menopouse, mencegah atherosclerosis, mencegah osteoporosis, mencegah osteoporosis, mengurangi gejala menopouse, mencegah atherosclerosis, meringankan diabetes, mencegah kanker. Selain banyak dibudidayakan di Bali, Jawa, dan Lombok, kedelai juga terdapat di wilayah  Jambi, Aceh, Papua, dan Kalimantan Barat.