Anda pasti mengerti panganan yang bernama capcay. Kuliner ini sangat pas dijadikan sebagai menu makanan yang enak bagi keluarga Anda. Sebab, selain rasanya yang ekslusif, capcay juga penuh akan nilai gizi didalamnya. Nutrisi tersebut tentu saja cukup berguna bagi kebugaran tubuh.

Lebih dari itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi beberapa macam hidangan makanan spesial terlebih dibuat menjadi sop yang nikmat. Dilengkapi beberapa rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini pasti akan meninggikan gairah makan Anda kembali semakin tergugah. Baik dengan cara dioseng maupun dengan cara dikuah, cap cai dua-duanya sama enak.

Cap cay, capcai atau cap cai adalah salah satu menu kuliner yang berasal dari adat masyarakat Tionghoa. Kata capcay sendiri mempunyai arti 10 sayur, akan tetapi
meskipun demikian tidak berarti kita harus menggunakan 10 jenis sayuran saat membuat capcay. Konkritnya, capcay bisa diartikan sebagai kuliner yang menggunakan banyak varian sayuran sebagai bahan baku utamanya.

Cap cai yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cay sederhana. Sebetulnya, resep capcay sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya karena semua jenis capcay menggunakan berbagai varian sayuran, dan yang membedakan hanyalah cara pembuatannya. Sesuai istilahnya, cara membuat berbagai varian sayuran ini bisa dimasak menggunakan kuah atau bisa juga ditumis dengan air secukupnya.

Ketika memasak capcay, sekali lagi tidak ada tips resep yang pasti & tidak harus menambahkan 10 jenis sayuran. Seperti umumnya, bahan-bahan baku capcay sederhana diantaranya adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain sebagainya. Resep capcay sederhana tidak mengharuskan jumlah atau macam-macam sayuran, semua tergantung pada selera dan ketersediaan sayurannya.

Resep Capcay Sederhana Lezat dan Praktis

Saat memasak capcay, yang sepatutnya kita perhatikan adalah tekstur sayuran agar tidak terlalu layu. Seandainya terlalu layu, maka nilai vitamin yang ada didalamnya akan minim dan warna capcay juga menjadi kurang indah. Masaklah beberapa menit namun jangan sampai terlalu lama dan terlalu matang. Usahakan sebelum memasak, pastikan semua sayuran telah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Bahan-bahan Baku Resep Capcay Sederhana

1. 5 buah jagung muda.
2. 5 potong kembang kol, belah dua
3. 5 buah brokoli, jadikan dua
4. 5 btg buncis, iris serong dengan pisau
5. 1 btg wortel, iris tipis
6. 6 buah jamur kancing, kemudian belah menjadi dua
7. 6 butir bakso sapi, iris
8. 6 ekor udang laut kupas
9. 10 buah kapri muda segar, iris mengarah serong
10. 1 bh caisim, potong yang sedang-sedang
11. 1 buah sawi, iris sedang

Bumbu – bumbu

1. 4 suing bawang merah bagus, cincang halus
2. 2 butir bawang putih, cincang hingga halus
3. 1 buah bawang bombay, potong dadu
4. 1 btg daun hijau bawang, potong pendek
5. 1 bh tomat merah, potong dadu
6. 2 cm jahe segar, memarkan
7. 1 sdt garam asin
8. 1 sendok teh gula pasir
9. 1/2 sendok teh merica bubuk
10. 2 sdm saus tiram
11. 1 sendok makan kecap manis
12. 1 sendok makan tepung maizena
13. 50 ml bumbu penyedap ayam cair

Cara Membuat Capcay Sederhana

1. Siapkan semua bahan baku dan pastikan sudah dibasuh resik sebelumnya, sediakan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, lalu sisihkan.
2. Panaskan semua bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum.
3. Tambahkan tomat, jahe tumbukan dan daun bawang, masak sebentar hingga daun bawang agak layu.
4. Masukkan semua bahan, lalu masak sebentar.
5. Taburkan garam asin, gula pasir, bubuk merica, saus tiram dan kecap hitam manis. Aduk sampai rata.
6. Langkah terakhir, masukkan larutan sagu maizena dan kaldu ayam cair, masak hingga air matang dan semakin terasa.
7. Angkatlah kemudian sajikan hangat.

Tips memasak capcay goreng ataupun capcay kuah memang bisa disesuaikan. Kita dapat memasukkan beragam sayuran hijau kedalamnya sehingga sarat akan kandungan gizi yang baik untuk badan terutama anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Proses membuat cap cai sederhana juga sangat sederhana, maka dari itu hidangan yang satu ini sering kali menjadi senjata andalan para ibu-ibu muda. Lezat, simple dan praktis. Selamat berwisata kuliner!